Ads 468x60px

Pages

Featured Posts

  • MUSIKAROLIRIK

    Kumpulan lirik lagu, chord gitar, kunci gitar, kunci lagu, dan info musik terbaru, terlengkap dan terupdate mulai dari lagu Indonesia, kpop, melayu, mandarin, lagu barat / mancanegara dari berbagai genre, pop, rock, metal, dance, hip hop, reggae, kerocong, campursari, dangdut, koplo, lagu terbaru, single terbaru, lagu lawas, tembang kenangan, nostalgia, lagu era 80an 90an 2000an, terbaik dan terpopuler.
    See more!

  • MUSIC NEWS !

    Berita-berita terbaru, terhangat dan terupdate yang berisi tentang informasi dunia musik dan hiburan.
    See more!

  • MUSIC STREAMING !

    Tonton dan dengarkan alunan musik dari berbagai media streaming online yang menampilkan video musik atau audio musik streaming.
    See more!

Share

Tutorial Cara Mudah Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula

Cara Cepat Belajar Gitar untuk Pemula

Bagi kalian yang belum mengerti cara memainkan gitar jangan berkecil hati dulu. Modal yang terpenting saat memulai belajar gitar adalah memiliki tekad dan kemauan, kemampuan bisa diasah setelahnya. Mungkin kita menganggap bahwa teman atau saudara kita yang memiliki bakat bermain gitar terlihat begitu mudah dan cepatnya saat memainkan gitar, sehingga diri kita merasa minder karena merasa kurang berbakat dalam bermain gitar dan ketika latihan belajar gitar menjadi sedikit lama dan merasa susah karena perasaan kita yang minder dan kurang yakin tersebut.

Yakin dan fokus kunci utama, dengan mengikuti seluruh tutorial dalam artikel ini mudah-mudahan kamu bisa menguasai teknik-teknik bermain gitar yang baik dan benar, dan juga cepat mahir. Rata-rata untuk pemula dalam dalam belajar gitar biasanya hanya memerlukan waktu sekitar 2 minggu untuk bisa menguasai teknik dasar bermain gitar, setelahnya tinggal improvisasi saja. Silakan simak sampai selesai tips dan trik belajar gitar dengan mudah berikut ini:

LANGKAH PERTAMA:
Apa saja sih yang diperlukan pemula dalam belajar gitar? tentu saja hal yang pertama adalah siapkan sebuah gitar, tidak perlu gitar yang mahal-mahal karena kita masih dalam taraf belajar dan belum profesional, yang kedua adalah bulatkan tekad dan kemauan untuk belajar gitar. Setelah keduanya siap mulailah untuk belajar mengenal bentuk dan fungsi-fungsi yang ada pada sebuah gitar, karena tanpa mengetahui fungsinya akan menyulitkan kalian dalam latihan belajar gitar. Pada dasarnya gitar terdapat 6 senar atau dawai, diawali dari yang paling bawah (paling kecil) hingga dengan yang paling atas atau paling besar, baik itu gitar akustik maupun gitar elektrik dasarnya sama. Adapun yang membedakan antara gitar akustik dengan gitar elektrik yaitu pada tuning, senar dan output suara. Masing masing senar mempunyai nada yang tidak sama, tergantung fret mana yang hendak kamu tekan. Adapun fret merupakan kolom-kolom yang ada pada gitar yang terpisahkan dengan batang-batang besi pada lengan gitar. Berikut ini saya berikan contoh gambar sebuah gitar beserta nama dan bagian-bagiannya:
Anatomi Gitar Akustik

LANGKAH KEDUA:
Dalam tahap ini kita perlu mengetahui cara menyetem gitar terlebih dahulu supaya dalam tahap berikutnya nada-nada yang dihasilkan setiap senar dapat selaras dan sesuai kunci yang dipelajari, karena tanpa menyetem gitar nada-nada yang dihasilkan akan terdengar fals dan tidak enak didengar. Cara belajar menyetem chord / kunci gitar bisa dilakukan dengan beberapa metode yakni metode menyetem dengan tuning standar (manual) dan metode menyetem gitar menggunakan tuner (efek gitar ataupun aplikasi dari Android). Cara menyetem gitar secara manual sebetulnya sangat mudah kita lakukan namun pada saat prakteknya kerapkali menimbulkan kebingungan bagi para pemula. Mengapa demikian? Sebab kita mesti melakukan latihan pada pendengar kita serta kepekaan terkait nadanya. Dibawah ini adalah penjelasan tentang cara menyetem gitar yang baik dan benar:

Cara belajar menyetem gitar dengan metode standar (manual):
  • Tekanlah senar ke-6 pada fret ke-5, tanpa menekan fret manapun selain tersebut, kemudian kamu samakan nadanya dengan senar ke-5 yang dibunyikan.
  • Tekanlah senar ke-5 pada fret ke-5, tanpa menekan fret manapun selain tersebut, kemudian kamu samakan nadanya dengan senar ke-4 yang dibunyikan.
  • Tekanlah senar ke-4 pada fret ke-5, tanpa menekan fret manapun selain tersebut, kemudian kamu samakan nadanya dengan senar ke-3 yang dibunyikan.
  • Tekanlah senar ke-3 pada fret ke-4, tanpa menekan fret manapun selain tersebut, kemudian kamu samakan nadanya dengan senar ke-2 yang dibunyikan.
  • Tekanlah senar ke-2 pada fret ke-5, tanpa menekan fret manapun selain tersebut, kemudian kamu samakan nadanya dengan senar ke-1 yang dibunyikan.

Cara menyetem gitar dengan metode alat guitar tuner:
Kenapa kita mesti memakai tuning standar sebab tuning sesungguhnya banyak banget dipakai oleh para gitaris dan biasanya lagu-lagu yang terdapat di pasaran memakai setelan standar seperti ini. Dengan alat yang bernama "Guitar Tuner" akan memudah kita dalam menyetem gitar, yang kita lakukan hanya memetik senar gitar sambil mengencangkan atau mengedurkan senar gitar sesuai nada yang akan kita inginkan yang tertampil pada layar "Guitar Tuner". Alat tersebut banyak dijual di toko musik dan online shop. Ada juga yang lebih simpel adalah menggunakan aplikasi android "Guitar Tuner" yang banyak tersedia di Play Store. Namun bagi kalian yang ingin menggunakan "Guitar Tuner" online juga sudah banyak tersedia, tinggal menyiapkan microphone untuk dihubungkan ke PC/Laptop. Silahkan kunjungi halaman berikut ini untuk mencoba menyetem gitar secara online.

LANGKAH KETIGA:
Setelah mengetahui nama-nama dan fungsi yang ada pada gitar, kemudian kita lanjut untuk belajar mengenai kunci-kunci dasar pada gitar. Dibawah ini adalah penjelasan singkat nada-nada yang dihasilkan dari masing-masing senar:
  • Senar 1 menghasilkan nada E => 1 : E (Senar paling bawah)
  • Senar 2 menghasilkan nada B => 2 : B
  • Senar 3 menghasilkan nada G => 3 : G
  • Senar 4 menghasilkan nada D => 4 : D
  • Senar 5 menghasilkan nada A => 5 : A
  • Senar 6 menghasilkan nada E => 6 : E (Senar paling atas)

Kunci dasar tersebut terbagi menjadi 2 yaitu kunci dasar mayor (biasa) dan kunci dasar minor. Namun yang paling utama adalah C Mayor, D Mayor, E mayor, F mayor, G mayor, A mayor, B mayor.

Contoh Chord C / Kunci Dasar C
Penempatan atau posisi jari sesuaikan pada gambar di bawah ini.
Chord C

Contoh Chord D / Kunci Dasar D
Penempatan atau posisi jari sesuaikan pada gambar di bawah ini.
Chord D

Contoh Chord E / Kunci Dasar E
Penempatan atau posisi jari sesuaikan pada gambar di bawah ini.
Chord E

Contoh Chord F / Kunci Dasar F
Penempatan atau posisi jari sesuaikan pada gambar di bawah ini.
Chord F

Contoh Chord G / Kunci Dasar G
Penempatan atau posisi jari sesuaikan pada gambar di bawah ini.
Chord G

Contoh Chord A / Kunci Dasar A
Penempatan atau posisi jari sesuaikan pada gambar di bawah ini.
Chord A

Contoh Chord B / Kunci Dasar B
Penempatan atau posisi jari sesuaikan pada gambar di bawah ini.
Chord B

Setelah menghafal beberapa kunci dasar mayor / utama diatas, selanjutnya kita belajar tentang kunci gitar dasar minor. Mari kita simak contohnya pada gambar dibawah ini:

Contoh Chord Cm / Kunci Dasar Cm
Penempatan atau posisi jari sesuaikan pada gambar di bawah ini.
Chord Cm

Contoh Chord Dm / Kunci Dasar Dm
Penempatan atau posisi jari sesuaikan pada gambar di bawah ini.
Chord Dm

Contoh Chord Em / Kunci Dasar Em
Penempatan atau posisi jari sesuaikan pada gambar di bawah ini.
Chord Em

Contoh Chord Fm / Kunci Dasar Fm
Penempatan atau posisi jari sesuaikan pada gambar di bawah ini.
Chord Fm

Contoh Chord Gm / Kunci Dasar Gm
Penempatan atau posisi jari sesuaikan pada gambar di bawah ini.
Chord Gm

Contoh Chord Am / Kunci Dasar Am
Penempatan atau posisi jari sesuaikan pada gambar di bawah ini.
Chord Am

Contoh Chord Bm / Kunci Dasar Bm
Penempatan atau posisi jari sesuaikan pada gambar di bawah ini.
Chord Bm

LANGKAH KEEMPAT:
Setelah kalian paham dan mengerti dengan kunci dasar mayor dan minor, langkah selanjutnya adalah belajar memetik dan meng-genjreng gitar. Kamu dapat belajar memetik dan meng-genjreng gitar dengan mengikuti ketukan terlebih dahulu supaya tetap konsisten dalam petikan dan genjrengannya. Kemudian setelah dirasa sesuai kamu bisa improvisasi sendiri. Kamu bisa mencontoh dari musisi-musisi profesional favorit kamu dalam hal ini. Dengan membiasakan berlatih petikan dan genjrengan menggunakan lagu-lagu favorit kamu dapat membuat jari-jari tangan menjadi luwes dan lentur mengikuti nada, sehingga menghasilkan nada yang enak didengar pula.

Terakhir akan kami berikan beberapa tips dalam bermain gitar, silahkan simak tipsnya berikut ini:
  1. Belajarlah tutorial dan instruksi bermain gitar dari berbagai sumber, baik itu internet maupun buku belajar gitar. Kita tahu bahwa internet adalah sumber/gudangnya ilmu. Segala sesuatu yang kamu perlukan pasti tersedia di internet. Kalian dapat menggunakannya untuk belajar gitar secara otodidak. Seperti halnya pada pembahasan di artikel ini yang mencoba memberikan pemahaman mengenai bagaimana cara belajar gitar secara mudah bagi pemula.
  2. Latihan secara rutin untuk melatih kemapuan memori serta otot tangan dan jari kita. Supaya kamu tetap konsisten dalam belajar / latihan cobalah kamu susun agenda harian dan buatlah suatu target khusus tentang apa yang harus dipraktekan / dijalankan, agar kamu bisa menguasai cara bermain gitar dengan waktu yang singkat.
  3. Contoh dan lihatlah para musisi yang profesional, dengan membiasakan menonton musisi favorit kamu yang sedang beraksi di layar akan memunculkan motivasi tersendiri, selain itu sering-seringlah untuk belajar memainkan gitar dengan lagu-lagu favorit kamu, sehingga dapat menambah semangat kita dalam berlatih.
  4. Pelajari dan kenalilah bagian-bagian / komponen-komponen yang ada pada gitar. Hal ini dapat meningkatkan wawasan kamu mengenai bagaimana menghasilkan suatu suara yang enak untuk didengar. Ada istilah tak kenal maka tak sayang.

Demikianlah tutorial singkat mengenai bagaimana cara belajar dan bermain gitar dengan mudah untuk pemula ataupun newbie. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu dan wawasan kita.

Ads 468x60px